Ternak Kenari Yang Baik

Ternak kenari adalah hobi yang menyenangkan. Lebih dari sekedar pekerjaan, mengamati proses kenari berkembangbiak memberikan pengalaman yang luar biasa.

Ternak Kenari

Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur. Info lengkap klik disini!

Bagi Anda yang ingin ternak kenari tulisan berikut ini akan banyak membantu.

1. Mengetahui kenari jantan siap kawin.

Berkicau menandakan bahwa kenari jantan siap berkembang biak selama beberapa kondisi lain juga terjadi. Berkicau tidak selalu berarti bahwa burung siap untuk kawin. Berikut cirinya:

  • Mencapai kedewasaan seksual, biasanya berumur 12 bulan keatas.
  • Berkicau/gacor (baca “Kenapa Burung Berkicau?” Disini!)
  • Tidak dalam keadaan mabung. Cirinya di dalam bulu-bulu sudah tidak berisi darah.
  • Kelamin jantan menonjol sekitar 0.6 cm.

Ketika kadar hormon testosteron meningkat maka otak burung akan meresponse dengan berkicau. Dalam kondisi ini burung akan lebih sering bernyanyi, berdiri sambil menggerakkan kepalanya seolah-olah dia menari.

2. Mengetahui kenari betina siap kawin.

Kematangan seksual burung kenari betina ditandai dengan tanda-tanda seperti:

  • Mengumpulakan dahan/ranting untuk membangun sarang (istilah jawa sering di sebut mbunderi).
  • Apabila mendengar/melihat jantan berkicau akan pasang posisi siap kawin (ngleper)

Tempatkan wadah sarang dan ranting secara terpisah dalam kandang untuk mengetahui apakah burung kenari betina sudah siap atau belum berdasar tanda-tanda tersebut di atas.

Ternak kenari bisa dimulai bila kenari jantan & kenari betina sudah siap untuk kawin.

3. Bagaimana cara membuat sarang?

  • Tempatkan wadah tempat sarang di pojok sangkar. Pemilihan pojok karena kenari lebih merasa nyaman diposisi tersebut. Wadah biasanya disediakan di toko-toko perlengkapan burung.
  • Siapkan bahan sarang dan letakkan dalam sangkar. Berdasarkan pengalaman kami sabut kelapa lebih bagus karena besifat kering, atau bisa pake jenis lain seperti daun pinus, serat nanas, dll. Biarkan kenari secara alami mempersiapkan sarangnya sendiri.
Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur. Info lengkap klik disini!

4. Bagaimana cara menjodohkan kenari?

Syarat utama menjodohkan kenari adalah jantan & betina sudah siap kawin (simak 1 & 2). Apabila salah satunya belum siap maka akan percuma. Caranya sebagai berikut:

1. Letakkan sangkar kenari betina di samping sangkar kenari jantan. Jangan campurkan secara langsung! Biarkan mereka saling mengenal.

2. Amati response mereka. Biasanya dalam kondisi ini kenari jantan akan lebih giat berkicau.

Nyanyian/kicau burung adalah bentuk yang sangat khusus dari sebuah panggilan. Sebuah panggilan untuk menyatakan bahwa penyanyi itu sehat dan bugar dan siap untuk berkembang biak. Sebuah panggilan untuk menarik burung betina untuk datang.

3. Apabila kenari jantan berkicau ngotot kemudian kenari betina pasang posisi siap kawin, istilah dalam bahasa jawa “ngleper” artinya jantan & betina siap kawin.

4. Campurkan kenari dengan membuka pintu (jangan pegang kenari karena akan membuat kenari stress)

5. Setelah kandang disatukan mereka akan melakukan perkawinan dan membuat sarang.

6. Pisahkan kembali kenari jantan setelah kawin (setelah sekitar 1 jam campur). Hal ini hanya berlaku bila sebelumnya belum pernah berpasangan karena beberapa case mereka akan bertengkar. Bila sebelumnya sudah pernah dipasangkan tidak perlu dipisah. Campurkan kembali.

Ternak kenari bisa dilakukan dengan menggunakan 1 penjantan dengan 3 betina, tetapi tidak boleh dicampur.

5. Bertelur.

Beberapa hari kemudian kenari betina akan bertelur. Kenari betina bertelur di pagi hari. Jumlah telur yang dihasilkan bisa beragam biasanya 4 telur. Tapi ada juga yang cuma 2, 3 atau 5. Beberapa peternak memilih untuk mengambil telur sampe telur terakhir keluar kemudian meletakkannya kembali di akhir masa bertelur agar pada waktu menetas terjadi dihari yang sama dengan tujuan agar telur kenari menetas dalam hari yang sama.

Setelah kenari betina bertelur yang ke 2 kita bisa memindahan kenari jantan ke sangkar yang lain. Beberapa peternak melakukan ini untuk meningkatkan nilai ekonomis dari kenari jantan. Selain itu juga untuk menjaganya tetap rajin berkicau. Ternak kenari akan menjadi lebih efisien tetapi dengan effort lebih.

6. Mengeram.

Pengeraman hanya dilakukan oleh kenari betina selama kurang lebih 14 hari. Kenari jantan akan meloloh betina makan selama proses ini apabila tidak dipisahkan. Penting! Untuk beberapa kasus, kenari betina akan berhenti mengeram bila dipisahkan dari jantan. Jangan pisahkan mereka sampai proses perkembangbiakan selesai (sampai anakan bisa mandiri) bila ini kondisi ini terjadi.

Selain itu terjadi dibeberapa kasus bahwa kenari jantan menjadi ancaman selama betina mengeram. Pisahkan mereka kemudian menyatukannya kembali setelah telur menetas agar kenari jantan membantu meloloh anakan kenari.

7. Meloloh.

Meloloh bisa dilakukan sendiri oleh kenari betina bila dipisahkan, atau bisa juga dilakukan keduanya bila tidak dipisahkan. Berikut beberapa catatan penting tentang ternak kenari masa waktu meloloh.

  1. Wajib diberikan soft food untuk indukan yang sedang meloloh. Telur puyuh minimal sampai anakan berumur 2 minggu kemudian boleh diganti dengan makanan jadi seperti voerzoo kenarian. Sayuran wajib ada sampai anakan bisa makan sendiri.
  2. Pada usia 3-4 minggu, anakan kenari sudah mulai belajar makan makanan empuk sendiri: telur, buah & sayur. Tapi belum merupakan waktu yang cukup baik untuk memisahkan anakan kenari.
  3. Pada usia 4 minggu keatas hari, anakan kenari sudah mulai bisa memakan canary seed tetapi tidak banyak. Boleh dipisahkan dengan pemberian soft food setiap hari.

Dalam ternak kenari tidak masalah yang meloloh hanya kenari betina saja dengan catatan soft food selalu tersedia.

Beberapa pertanyaan penting tentang ternak kenari.

Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur. Info lengkap klik disini!

Bagaimana cara membuat siap bereproduksi?

Pemberian makanan dengan kandungan nutrisi lengkap seimbang sangat penting agar kenari siap bereproduksi. Bijian saja tidak cukup, kenari wajib diberikan extra food.

Perlukah kenari melakukan mandi selama proses pengeraman?

Perlu! Mandi akan menaikkan humiditas yang akan menaikkan probabilitas penetasan. Siapkan cepuk berisi air dalam sangkar dan biarkan kenari yang menentukan sendiri. Lakukan 2x dalam seminggu.

Produk rekomendasi!
Voerzoo Kenarian! All in extra food kenari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lengkap seimbang. Dengan kenarian sudah tidak perlu lagi telur, buah & sayur.
Cede Egg Food! Produk egg food kenari impor dari Belgia yang dibuat dari telur ayam utuh melalui proses yang unik sehingga menghasilkan produk egg food berkualitas tinggi.
Lainnya
Insect blendInsect Blend 5.0! Cara lebih baik memberikan jangkrik & kroto untuk burung. Sudah tidak perlu lagi diberikan jangkrik hidup & kroto segar.

Beli melalui >> TOKO.BURUNGHOBI.COM BBM: 5D4AE73B & HP/WA: 08111800809

atau melalui reseller di kota terdekat

JAWA: JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG, BEKASI, BANDUNG, SEMARANG, SURABAYA, YOGYAKARTA, PROBOLINGGO, PEMALANG. SUMATRA: PALEMBANG, LAMPUNG. KALIMANTAN: BANJARMASIN. NTT: KUPANG.

Pakan Kenari Nutrisi Lengkap Seimbang

Pemberian nutrisi lengkap seimbang akan membuat kenari sehat, lincah & lebih rajin berkicau. Secara spesifik akan membuat kenari anakan cepat gacor, bagus untuk kenari yang sedang mabung, mengatasi kenari macet bunyi dll. Untuk tau komposisi yang pas kita perlu mempelajari bagaimana kenari liar makan. Alam memberikan hampir semua kebutuhan nutrisi untuk mahluk hidup. … Continue reading

Tentang halaman ini: kenari bertelur jantan dipisah, kenari mengeram jantan dipisah, berapa hari kenari bertelur lagi, jarak kenari bertelur lagi, berapa lama kenari bertelur setelah proses kawin, kumpulan kandang ternak kenari, kenari betina bertelur jantan dipisah, berapa hari kenari bertelur setelah kawin, kenari bertelur berapa hari sekali, sarang kenari yang benar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 8 =