Kenari Yorkshire, F1, F2, F3, F4, F5, F6, Fixed Strain dan Final Strain

Bingung dengan istilah dalam garis keturunan kenari yorkshire? Murni, F1, F2, F3, dst?

Ok, kita berangkat dari istilah kenari yorkshire murni, adalah hasil peranakan murni dari kenari yorkshire dengan kenari yorkshire yang lain.

F adalah singkatan dari filial. Filial merupakan keturunan dalam sebuah perkawinan dalam istilah biologi.

F1 yorkshire.  Apabila kenari yorkshire di kawinkan dengan kenari jenis lain (bukan yorkshire) makan akan disebut sebagai f1 yorkshire. Contoh peranakan pertama kenari yorkshire murni yang dikawinkan dengan jenis kenari lokal. Anakan yang dihasilkan dinamakan kenari yorkshire F1 / keturunan pertama. Apapun sifat, ukuran, postur & warna yang dihasilkan dari perkawinan tersebut dinamakan F1ys, entah ukurannya besar atau kecil, cacat atau normal, dan apapun warnanya.

F2 yorkshire. Apabila F1ys dikawinkan dengan yorkshire murni maka akan menghasilkan keturunan kedua yang disebut “F2ys”, biasanya postur tubuhnya akan lebih mendekati bapaknya. Dengan begitu F2ys akan lebih besar dari F1ys, namun tidak menutup kemungkinan ukurannya sama dengan F1ys dikarenakan banyak faktor. Sekali lagi seberapa besar/kecilnya ukuran F2ys tetap dinamakan F2ys karena merupakan keturunan silangan kedua.

F3 yorkshire. Apabila F2ys dikawinkan dengan yorkshire murni maka akan menghasilkan keturunan ketiga yang disebut “F3ys”, biasanya ukurannya bisa hampir sama dengan bapaknya. Tidak menutup kemungkinan ukuranya jauh lebih kecil, tapi seberapapun ukuranya tetap dinamakan F3ys karena merupakan hasil keturunan ketiga dari penjodohan awal antara yorkshire murni dengan betina lokal. Begitu proses seterusnya dan biasanya akan menjadi tetap atau hybrid jika sudah memasuki F5 atau F6 dimana disebut fixed strain atau final strain.


Kenarian all in extra food sangat bagus untuk kenari. Sudah kami uji!